Kamis, 21 Mei 2015

Madu Asli mencerdaskan Anak





Siapa sangka makanan lezat bervitamin yang satu ini juga bisa mencerdaskan anak? Ya, madu asli juga memiliki kemampuan untuk memberikan kemampuan intelegensia bahkan meningkatkan kemampuan ini termasuk pada anak. Madu anak merupakan salah satu suplemen makanan favorit orang tua yang tidak ada duanya, salah satunya juga karena pertimbangan ini. Madu asli ini memiliki kandungan alami yang apabila dikonsumsi secara teratur akan memberikan manfaat bagi kecerdasan anak. Mau tahu bagaimana madu asli bisa meningkatkan kecerdasan?

Manfaat madu untuk mencerdaskan ini tidak lain karena kayanya kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam madu asli. Madu mengandung berbagai macam vitamin muali dari vitamin B1, B6, B12, vitamin K, asam pantotenat, juga asam folat. Selain itu, madu juga mengandung berbagai macam mineral seperti tembaga, alumunium, besi, magnesium, kalium, natrium dan mineral penting lainnya. Zat-zat ini berkhasiat bagi perkembangan otak anak, terutama kandungan gula yang ada di dalam madu asli. Seluruh zat yang dikandung madu ini sangat dibutuhkan otak untuk melaksanakan fungsinya secara optimal. Dengan fungsi kerja otak yang optimal, anak akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik sehingga memiiliki kecerdasan yang lebih baik pula.

Kandungan utama yang berperan sangat penting dalam mencerdaskan otak anak adalah kandungan asam folat yang ada di dalam madu asli. Asam folat atau yang sering kita kenal dengan nama vitamin B9 ini merupakan senyawa yang memiliki peran bagi pertumbuhan dan pembelahan sel. Senyawa ini sangat penting bagi berbagai fungsi tubuh seperti sintesis nukleotid dalam pembentukan hingga remetilasi homocysteine yang digunakan dalam pembentukan sel darah merah.

Asam folat yang terdapat di dalam madu asli ini sangat bermanfaat bagi otak. Asam folat membantu pembentukan sel darah merah sehingga asupan oksigen di dalam darah tetap lancar. Asupan oksigen yang baik ini diperlukan agar otak dapat berfungsi normal. Otak yang kekurangan oksigen inilah yang menyebabkan rasa sakit di kepala dan menurunnya tingkat kesadaran. Di samping itu, otak juga membutuhkan regenerasi sel neuron yang menyusun otak. Asam folat diperlukan untuk menjaga agar fungsi otak tetap baik karena neuron-neuron yang menyusun otak terus diperbaiki. Dampak positifnya, asam folat yang dikandung dalam madu asli ini juga akan memperlambat penuaan baik pada tubuh maupun otak.

Terlebih lagi, asam folat yang ada pada madu asli ini juga menekan adanya depresi. Penelitian mengenai asam folat dilakukan oleh para pakar Universitas Oxford terhadap 1000 orang dan juga oleh pakar dari Bangor University di Wales Utara. Penelitian ini melibatkan orang-orang dengan tingkat stres yang sedang hingga berat. Hasil penelitian ini menujukkan, sepertiga dari penderita depresi memiliki kadar asam folat yang rendah. Indikasi lain menunjukkan bahwa kadar asam folat berpengaruh besar terhadap tingkat depresi seseorang, dimana orang yang memiliki kadar asam folat rendah cenderung lebih tertekan.

Sebuah studi yang terdapat dalam Journal of Clinical Psychiatry menyatakan bahwa asam folat yang terkandung di dalam madu asli ini merupakan senyawa yang diperlukan agar otak bekerja dengan baik. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk membantu penyerapan obat antidepresan serta menekan depresi secara alami. Asam folat ini pada dasarnya diperlukan untuk menghasilkan RNA dan DNA, serta membangun sel-sel yang ada di dalam susunan saraf pusat. Kekurangan asam folat akan menyebabkan gangguan pada produksi senyawa esensial serta kinerja neurotransmitter yang membawa pesan ke berbagai bagian ke otak. Otak yang kekurangan asam folat akan mengalami gangguan dalam menerima dan menyampaikan pesan sehingga si empunya otak terlihat lamban dalam merespon suatu informasi yang didapatkan.

Masa kanak-kanak merupakan masa dimana perkembangan begitu cepat berjalan. Madu anak yang kaya vitamin serta mengandung asam folat ini akan memberikan kestabilan kondisi otak yang baik serta membantu anak dalam berpikir. Karena itulah madu asli bisa meningkatkan kecerdasan anak yang mengonsumsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar